Walau Pandemi, Tetap Menggembirakan Anak dengan Lomba Agustusan

 

CILACAP-Pandemi yang terjadi saat ini tak membuat perlombaan dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dihentikan.  Hal itu seperti terjadi di Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

 

Ketua RT 02 RW 06 Kesugihan Kidul, Sahid mengatakan, lomba diadakan untuk menyenangkan anak-anak. “Anak-anak katanya jenuh di rumah, maka refreshing dengan lomba. Tapi tentu lombanya dengan protokol kesehatan,“ kata Sahid di kediamannya, Selasa (11/8/2020).

 

Perlombaan yang dilakukan juga bukan perlombaan yang akan menggaet banyak massa. Perlombaannya seperti lomba kelereng. “Ya intinya hanya di lingkungan sini saja,” katanya.

 

Sementara, lomba orang dewasa yang menggaet banyak massa tak dilakukan karena saat ini masih pandemi. Acara lain memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah dengan mengadakan tasyakuran.

 

Di Desa Dondong, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap tak diadakan lomba Agustusan. Sebab, kondisi saat ini dinilai tak memungkinkan adanya lomba. “Penginnya ada lomba, tapi diputuskan tak ada lomba,” kata Ketua Karang Taruna Desa Dondong, Tsabit saat dihubungi melalui telepon.

 

Sebagai gantinya, untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dilaksanakan muhasabah. Kegiatan muhasabah akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2020 di Masjid Darus Salam, Gunung Kemit, Desa Dondong.

 

Sementara di Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap tetap mengadakan lomba bagi orang dewasa. Misalnya adalah lomba membuat tumpeng. “Namun, protokol kesehatan tetap kami laksanakan,” kata Nesy, pemuda setempat. (*)

Laporan: Dina Meilani, Fikron F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *