Waduh, Saat Ospek Online Ada yang Tertidur

 

CILACAP-Pengenalan mahasiswa baru atau yang dikenal dengan Ospek dilaksanakan di Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG)-Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Hanya saja, ospek kali ini berbeda dengan sebelumnya. Adanya pandemi membuat ospek dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom dari pukul 7 pagi sampai 5 sore pada 8-10 September 2020.

 

Saat pelaksanaan ospek online dinamika pun terjadi.  Hal itu seperti diungkapkan salah satu mahasiswa baru, Nafisatul ‘Ulumil Mubarokah. “Ada yang tidak mendengarkan materi, ada yang meninggalkan meeting, bahkan ada juga yang kecolongan tertidur,” katanya Rabu (9/9/2020).

Diana Nur Istiqomah peserta ospek lainnya juga mengakui bahwa dia kadang tertidur. “Karena saking fokusnya nyimak via zoom, kadang suka ketiduran,” ujarnya  Rabu (9/9/2020). Di sisi lain, Diana menjelaskan perangkat teknologi yang memadai menjadi hal yang sangat  penting. Dia mengaku bahwa telepon genggamnya kadang mati sendiri sehingga ketinggalan materi.

Mahasiswa baru yang lain, Meta Yesiani mengatakan, ospek online ini memang menyedot pendanaan bagi mahasiswa baru. Sebab, harus membutuhkan kuota untuk mengikuti ospek online.

Mahasiswa angkatan 2020 lainnya, Ahmad Roisul Huda mengungkapkan pendapatnya. Dia sebenarnya sangat ingin adanay ospek bertatap muka langsung. Apalagi, ospek adalah momen bertemu teman sekampus secara serentak untuk pertama kalinya. Sementara, Masrukhin Al-faizi, mahasiswa baru lainnya mengaku bahwa ospek melalui online tidak efektif karena komunikasi tak sebaik ketika bertatap muka langsung. (*)

 

Laporan: Lutfiani, Silfiana, Azhar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *