Singkong Melimpah di Sidareja, Diolah Jadi Aneka Makanan

 

CILACAP-Produksi singkong melimpah pada tiga desa di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Tiga desa yang memiliki produksi singkong melimpah itu adalah Desa Karanggedang, Penyarang, dan Kunci.

 

Melimpahnya singkong di tiga desa itu dimanfaatkan untuk gerakan ketahanan pangan. Hal itu seperti diungkapkan seorang pendamping desa di Kecamatan Sidareja, Narto. Dia mengatakan, tiga desa itu mengembangkan potensi singkong yang melimpah. Caranya dengan mengolah singkong menjadi oyek, lanting, ampyang singkong, dan tepung mocaf.

 

“Ya untuk salah satu alternatif ketahanan pangan. Kalau hulu hilirnya sudah terbangun harapannya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Narto ketika dihubungi via telepon, Selasa (4/8/2020).

 

Narto menjelaskan, pengolahan singkong menjadi makanan tertentu sudah lama dilakukan. Misalnya, untuk oyek, masyarakat di tiga desa itu sudah membutnya sejak tahun 1970-an. “Jadi turun-temurun sampai sekarang,” kata Narto.

 

Sementara, untuk singkong yang diolah menjadi lanting, dilakukan sejak 1992. Adapun singkong yang diolah menjadi tepung mocaf dan ampyang singkong, dilakukan sejak dua tahun lalu. (*)

 

Laporan: Fikron F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *