Santriwati Al-Ihya Upacara Mandiri di Agustusan

CILACAP-Ada hal yang berbeda di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumuddin, Kesugihan, Kabupaten Cilacap kala 17 Agustus lalu. Pada saat itu, santriwati secara mandiri melakukan upacara Agustusan. Hal ini jelas tidak biasa karena sebelumnya antara santriwati dan santri upacara bersamaan.

Tapi, belum diketahui apakah acara tersebut akan dirutinkan tiap tahun atau tidak. “Untuk tahun depan belum tahu,” kata Dewan Pengasuh Ponpes Al-Ihya Ulumuddin, Hj Wardah Somitah, Selasa (18/8/2020).

Dia mengatakan, di tahun depan, jika pandemi tuntas, naka biasanya pengasuh santriwati mengikuti upacara di kecamatan. Di tahun ini karena pandemi, upacara di kecamatan dilakukan pembatasan peserta. Sehingga pengasuh bisa menjadi inspektur upacara santriwati.

Sementara, pengasuh Ponpes Al-Ihya Ulumuddin, Hanifah Muyasarah mengatakan adanya upacara khusus putri memiliki nilai lebih. Dia mengatakan, dengan begitu menjadi kesempatan santriwati untuk belajar. “Santriwati memiliki kesempatan belajar memimpin dan public speaking,” ujarnya.

Hanifah mengatakan, pemisahan santri dan santriwati sebenarnya sudah wajar dilakukan. Namun, untuk pemisahan dalam pelaksanaan upacara memang pertama kali baru dilakukan. (*)

Oleh: Silfiana Pramitaningsih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *