Potret Santri, Pukul 03.30 Dinihari pun Hafalan

Ada kegiatan yang biasa dilakukan para santri di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan, Cilacap. Namun, kegiatan itu mungkin bukan hal yang biasa bagi orang awam. Para santri mengulang hafalan materi setiap pukul 03.30 WIB.

 

Kegiatan ini pun harus dilakukan para santri sebagai sebuah kewajiban. Jika tidak melakukannya maka akan kena hukuman. Pada awalnya, tentu memberatkan. Namun, lama kelamaan akhirnya terbiasa. “Lama-kelamaan saya menjadi terbiasa dengan kegiatan ini tanpa adanya unsur paksaan,” kata seorang santri Al-Ihya, Nela Zahra, Selasa (22/0/2020).

 

Nela mengatakan, kegiatan itu setidaknya memiliki dua hal yang penting. Pertama melatih kedisiplinan, yakni tiap sebelum Subuh melakukan kegiatan. Kedua adalah menguatkan hafalan di dinihari.

 

Pengurus Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin, Meli Setiarini mengatakan, santri harus absen di kegiatan tersebut. Menurutnya, absen itu menjadi pemicu mendongkrak kedisiplinan. “Jadi dalam kegiatan apapun baik itu mengaji, salat jamaah atau kegiatan lainnya mereka melakanaakan dengan tepat waktu,” kata Meli Setiarini. (*)

Laporan: Lutfiani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *