Ospek Rasa NU di IAIIG/UNUGHA Cilacap

 

CILACAP-Penerimaan mahasiswa baru biasanya dilanjutkan dengan acara orientasi studi dan pengenalan kampus atau lebih keren dikenal dengan ospek. Di tahun ajaran 2020-2021, Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG)/Universitas Nahdlotul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap juga akan melaksanakan ospek.

 

Namun, pelaksanaan ospek tahun ajaran 2020-2021 belum di-fix-kan. Hanya saja, secara garis besar ospek tak akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satu yang menjadi ciri dari IAIIG/UNUGHA adalah kentalnya tradisi Nahdlatul Ulama (NU) dalam ospek.

 

Hal itu seperti diungkapkan oleh panitia ospek tahun 2019, Mufti Sasi Rahmadani. Dia mengatakan, salah satu rangkaian kegiatan saat ospek di IAIIG/UNUGHA adalah ziarah ke makam pendiri IAIIG dan jajaran masayikh yayasan. “Hal itu sebagai bentuk ta’dzimnya mereka yang telah resmi menjadi mahasiswa baru di IAIIG 2019, dan memang tradisi yang biasa dilakukan oleh warga NU,” katanya ketika diwawancarai, Jumat (21/8/2020).

 

Dia mengatakan, ospek menjadi ajang bagi mahasiswa untuk saling mengenal teman seangkatannya. Selain itu, untuk mengenal kehidupan dan budaya kampus. “Tentu juga untuk mengenal macam organisasi kampus,” katanya.

 

Sementara, peserta ospek pada 2019, Dona Alfi Desera mengatakan, ospek memberi manfaat pada mahasiswa baru. “Mengikuti ospek memberikan saya pengetahuan yang sangat banyak, tentang dunia perkuliahan. Selain itu mengubah mindset saya untuk berpikir lebih luas lagi, serta memperoleh relasi baru dari para pemateri dan kakak fasilitator (panitia),” katanya. (*)

 

Laporan: Silfiana Pramitaningsih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *