Masa Pandemi, Mahasiswa KKN dari Rumah

CILACAP-Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG)/Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UUHGHA) melaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) yang tak biasa. Di masa pandemi ini, KKN dilakukan dari rumah atau disebut KKN dari Rumah (KKN DR).

KKN DR dilaksanakan dari 15 Juli sampai 24 Agustus 2020. KKD DR dinilai memiliki kelebihan dari KKN pada umumnya. Hal itu seperti diungkapkan mahasiswa IAIIG Laela Nur Fitriani. Dia mengatakan, mahasiswa peserta KKN DR bias lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di rumah sendir.

“Kita jadi lebih deket sama warga di rumah sendiri, terus kita juga tahu gimana si caranya berperan di masyarakat sendiri, yang nantinya kita kan pasti baliknya ke tempat asal kita,” ujarnya Minggu (19/7/20). Pelaksanaan KKN DR di lingkungan sendiri jelas berbeda dengan KKN sebelumnya. Sebelum pandemi, pelaksanaan KKN dilaksanakan di desa yang sudah ditentukan panitia.  

Imam Maksun mahasiswa IAIIG yang mengikuti KKN DR juga memiliki pandangan serupa. Dia mengatakan, KKN DR bisa memberdayakan dan mengabdi di lingkungan sendiri. Di sisi lain, Maksun mengatakan, KKN DR yang juga menekankan penggunaan teknologi membuat mahasiswa dipaksa untuk tidak gagap teknologi. Diketahui, aktivitas KKN DR lebih sering dilakukan melalui komunikasi di dunia maya. Mengingat masa pandemi memang tak boleh berkerumun.

Mufti Sasi Ramdani peserta KKN DR dari Fakultas Tarbiyah IAIIG mengatakan KKN DR jadi kesempatan unjuk gigi ke warga sendiri. “Kita bisa bekerja sama dengan masyarakat dan perangkat desa sendiri,” ujarnya Jumat (17/07/2020).

Yesi Nuralfiani peserta KKN DR dari Fakultas Ekonomi UNUGHA juga memberi pandangan kelebihan KKN DR. “Karena kita sudah mengenal perangkat desa sampai RT, maka jadi lebih mudah bagi kami untuk melakukan koordinas,” katanya, Jumat (17/07/2020). (*)

Laporan: M Wafa, Rizki Damaris, Azhar Sholeh M

1 Reply to “Masa Pandemi, Mahasiswa KKN dari Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *