Masa Pandemi, Guru Jangan Gaptek

CILACAP-Di masa pandemi sekarang ini, pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan pemahaman teknologi. Maka, guru jangan sampak gagap teknologi (gaptek).

Hal itu diungkapkan Kepala Pengawas MA/MTs se Kabupaten Cilacap Drs Sultan Nawawi dalam webinar dengan tema “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh”, Selasa (18/8/2020). “Tenaga pendidik dituntut untuk lebih melek teknologi. Jangan gaptek, agar penyampaian pelajarannya bisa diterima oleh siswa dengan maksimal,” kata Sultan.

Dia mengatakan, pembelajaran jarak jauh memiliki sisi positif dan negatif. Dampak positifnya adalah pembelajaran jarak jauh memutus rantai penyebaram Covid-19. Sementara dampak negatifnya adalah sulitmya teknis pembelajaran jarak jauh, khususnya mereka yang memiliki masalah dengan sinyal untuk telepon genggam.

Selain Sultan, yang menjadi pembicara webinar itu adalah Wakil Rektor I Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap, Dr Umi Zulfa MPd. Acara webinar ini diikiti 85 guru melalui aplikasi zoom. Acara ini diadakan oleh Fakultas Tarbiyah IAIIG.

Sementara, Ketua Panitia Novan mengatakan webinar tersebut digunakan sebagai ajang berbagi dan masukan bagi para guru. Dari webinar itu, muncul beberapa problem pembelajaran jarak jauh sehingga ada input penting untuk perbaikan pembelajaran jarak jauh. (*)

Oleh: Miftachul Wafa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *