bazar-haul-ppai

Liputan Malam Bazar HAUL PP Al Ihya Ulummadin Kesugihan

Liputan Malam Bazar HAUL PP Al Ihya Ulummadin Kesugihan


Haul PP. Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap, melihat acara sebesar itu pastilah menelan daya yang besar, namun ketika melihat sisi manfaatnya, dana besar itu menjadi terlihat sangat sedikit. Haul PP. Al-Ihyam tidak hanya dilakukan untuk mendoakan para masyayikh ma’had, namun lebih dari itu meneladani mereka dan membumikan nilai-nilai luhur keislaman. nilai-nilai kerukunan, kebersamaan, saling membantu dibangun di atas peringatan haul tersebut.
Contoh konkrit yang terlihat sepele, saat haul, PP. Al-Ihya selalu melibatkan santri dari pondok sekitar untuk ambil bagian, seperti menjadi tenaga untuk melayani tamu undangan. Hal ini di bangun bukan atas dasar kekurangan tenaga, namun atas dasar pananaman nilai-nilai shuhbah (kebersamaan) dan ta’awun (saling membantu).
Ketika pondok tetangga memperingati haul, PP. Al-Iha meliburkan pengajian untuk mengikuti pengajian di pondok tersebut sebagai bentuk penghormatan dan kebersamaan. Di samping itu, keterlibatan banyak pihak dalam mensukseskan haul tersebut, dari unsur pemerintah dan masyarakat luas merupakan sumbangsih nyata PP. Al-Ihya dalam mentradisikan kerukunan, keguyuban, kebersamaan, saling membantu satu sama lain.
Semoga semangat ini menular dalam berbagai sendi kehidupan, sehingga terjalin komunikasi, kerukunan, kebersamaan di antar sensi-sendi di masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga kesejehteraan dan kebahagiaan akan menjadi milik bersama.Semoga Haul tahun 2016 ini lancar, membawa manfaat dan barokah bagi bangsa Indonesia, Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *