KKN DR Tak Memberikan Kesan

 

CILACAP-Kuliah Kerja Nyata dari Rumah (KKN DR) dilaksanakan banyak mahasiswa di Indonesia karena adanya pandemi Covid-19. Tak terkecuali mahasiswa Institut Agama Islam Imam Ghozali/Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (IAIIG UNUGHA). KKN DR di IAIIG UNUGHA Cilacap sudah selesai pada Minggu (23/8/2020).

 

KKN DR memang berbeda dengan KKN di masa-masa sebelumnya. KKN DR hanya melaksanakan kegiatan di lingkungan sendiri dari rumah. Hal itu berbeda dengan KKN sebelumnya di mana mahasiswa ada di daerah baru dengan kelompok baru dan bersinggungan dengan warga desa baru.

 

Maka KKN DR pun tak memberikan kesan seperti KKN di masa sebelumnya. “Untuk kesannya kurang menyenangkan,” kata Dhila mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UNUGHA, Minggu (23/8/2020) ketika dihubungi via telepon.

 

Dia mengatakan, KKN DR menyedot pengeluaran terkait kuota internet. Selain itu, jaringan internet yang bermasalah juga menjadi kendala. Dia juga mengatakan, dirinya merasa terbebani banyak tugas. Sebab, selain tugas individu juga ada tugas kelompok. “Imbasnya pengeluaran pun tambah banyak,” katanya. (*)

 

Laporan: Fikron F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *