KKN DR Menguntungkan bagi Santri

CILACAP-Kuliah Kerja Nyata dari Rumah (KKN DR) memiliki kelebihan bagi santri pondok pesantren. Hal itu diungkapkan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) yang juga santri.

bisa membang waktu antara kegiatan pondok pesantren dengan kegiatan KKN-DR, dan juga bisa saling membantu dan bisa banyak sharing-sharing bersama teman-teman.” Kata

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNUGHA Nur Rahmanita membeberkan kelebihan KKN DR. “Kami jadi bisa membagi waktu antara kegiatan KKN DR dengan kegiatan di pondok pesantren,” kata santri Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini, Jumat (17/7/2020).

Seperti diketahui KKN DR adalah KKN yang dilakukan di masa pandemi. KKN DR dilaksanakan tak seperti KKN biasanya. Sebab, KKN DR dilaksanakan di lingkungan desa sendiri.

Kegiatan KKN DR lebih sering menggunakan jaringan dunia maya atau online. Maka, hal itu bisa menjadi kendala bagi mahasiswa. Rahmanita mengatakan, dengan via online, maka kuota dan baterei harus terus memadai.

Keunggulan KKN DR juga diungkapkan Lutfi Nela Aulia. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG). Dia mengatakan, santri bisa tetap beraktivitas di pondok sembari KKN DR. “Jadi kita tetap bisa berkhidmat di pondok,” katanya.

Namun, dia juga mengungkapkan kelemahan KKN DR. Baginya, karena kegiatan KKN DR lebih sering online, koordinasi dengan kelompok kadang mengalami kendala. Sebab, koordinasi sering tak dilakukan secara face to face.

Fajrur Hanif Fahmi mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIIG membeberkan keunggulan KKN DR. Dia mengatakan, bagi seorang santri seperti dirinya, KKN DR cukup simple. Sebab, lokasi KKN DR adalah di desa masing-masing. Dalam hal ini, dia ber-KKN DR di pondok pesantrennya. “BIaya yang dikeluarkan tidak banyak karena memang tidak ke mana-mana,” ujarnya. Diketahui, KKN DR dilaksanakan pada 15 Juli sampai 24 Agustus 2020. (*)

Laporan: Syifa Syafi’atul Qolbi, Ziana Nur Alifah, Rizki Damaris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *