KKN DR Bikin Mahasiswa Makin Cinta Desanya

 

CILACAP-Kuliah Kerja Nyata dari Rumah (KKN DR) dilaksanakan Institut Agama Islam Imam Ghozali/Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap. KKN DR itu dilaksanakan kisaran sebulan dan telah selesai pada 24 Agustus 2020.

 

Pelaksanaan KKN DR dilakukan karena adanya pandemi. Sehingga, KKN dilaksanakan di lingkungan masing-masing mahasiswa. Sekalipun dilaksanakan di lingkungan mahasiswa atau desa tempat tinggal mahasiswa, KKN DR tetap memunculkan nilai positif.

 

 

“KKN DR masih juga memiliki kesamaan dengan KKN normal, yaitu sama-sama memberdayakan masyarakat dan mengabdi kepada masyarakat.  Kesannya yaa kita jadi lebih akrab dengan masyarakat desa kita dan lebih mencintai desa kita,” kata Siti Faiqotur Rohmah mahasiswi IAIIG, saat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (26/8/2020).

 

Dalam KKN DR, dia memiliki program pelatihan. “Program pelatihan membuat media pembelajaran dengan aplikasi kine master. Pelatihan ini menarget guru dan karyawan MI Ya BAKII Kalisabuk 02. Kegiatan ini mendapat respons positif dan insyaallah masih berkelanjutan,” katanya.

 

Selain KKN di lingkungan desanya sendiri, KKN DR juga memungkinkan mahasiswa melaksanakannya di lingkungan pondok pesantren. Mereka yang melakukan KKN DR di pondok pesantren karena mereka adalah mahasiswa perantau.

 

Sidiq Purnomo  adalah salah satu mahasiswa IAIIG/UNUGHA yang melakoni KKN DR di pondok pesantren. Dia mengatakan ada beberapa program yang dia lakukan. “Misalnya program kebersihan dengan menyediakan tong sampah, program ketahanan pangan dengan menanam sayur-sayuran,” ujarnya, Selasa (25/8/2020). (*)

Laporan: Dina M, Ulfi

1 Reply to “KKN DR Bikin Mahasiswa Makin Cinta Desanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *