Berorganisasi Itu Membuka Pola Pikir Lho

Berorganisasi itu penting bagi mahasiswa karena memuka pola pikir baru. Hal itu seperti diungkapkan Ainun Alfi Latifah, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam Ighopala, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA), Cilacap.

Dia mengatakan, berorganisasi itu sangat penting, karena yang pertama bisa menambah pengalaman kita. Kedua,  bisa menambah pengetahuan kita. “Ketiga, kita juga bisa sedikit membuka pola pikirtentang hal-hal yang mungkin menurut kita belum pernah kita ketahui,” ujarnya ketika diwawancara redaksi KPI IAIIG, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, pengalaman dan pengetahuan bisa didapatkan dari kegiatan-kegiatan dalam organisasi. Sementara, pola pikir akan terbuka salah satunya bisa didapatkan saat berdiskusi. Dia menceritakan, bisa saja ada mahasiswa yang ikut organisasi karena ingin eksis. Lalu, melalui diskusi akan ada gambaran bahwa organisasi juga memiliki tujuan yang harus dicapai bersama.

Karena manfaat berorganisasi itulah Ainun memberikan pesan. Dia mengatakan, mahasiswa yang belum organisasi untuk berorganisasi. “Paling tidak ikuti organisasi sehidup sekali atau semasa Anda sekolah,” katanya.

Fahmi, mahasiswa Fakultas Syariah, UNUGHA mengatakan, organisasi memiliki banyak manfaat. Menurutnya, organisasi bisa memperbanyak teman dan jaringan. Selain itu, berorganisasi juga melatih bertanggung jawab.

“Di dalam organisasi biasanya diajarkan tentang tanggung jawab. Jika terjadi sesuatu maka harus bisa bertanggung jawab atas sesuatu itu,” ujarnya kepada redaksi KPI IAIIG, Sabtu (4/7/2020).

Namun, dia juga menegaskan, berorganisasi harus bisa bersinergi dengan kuliah. Jangan sampai, berorganisasi malah mengganggu kuliah. “Jangan karena organisasi, kuliahmu tersendat.  Organisasi oke, kuliah jalan, itu luar biasa kawan,” ujarnya.

Sementara, anggapan berbeda diungkapkan Maya Yulianti, mahasiswi Fakultas Ekonomi UNUGHA. Dia berpendapat bahwa yang terpenting adalah kuliah dan mata kuliah. Baginya, kuliah lebih penting dari berorganisasi.

Feri Iskandar Nur Hidayat, mahasiswa Fakultas Ekonomi UNUGHA mengatakan bahwa berorganisasi sesuai dengan niat mahasiswanya. “Jika dia ikut organisasi cuman buat nampang  atau cuman buat nyari alasan agar bisa bolos kuliah ya organisasi menjadi ngga penting,” katanya, Sabtu (4/7/2020). (*)

Laporan: Lutfiani, Azhar Soleh Mukti, Fajri Akhla Sabilah, Laisa ifki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *