Mahasiswa Bidikmisi Diminta Berorganisasi

CILACAP-Mahasiswa dari jalur bidikmisi diminta berorganisasi. Hal itu seperti diungkapkan Kepala Bagian Organisasi Mahasiswa (Ormawa) IAIIG/UNUGHA Rahmatulloh, Sabtu (4/7/2020).

Rahmat, begitu biasa dia disapa mengatakan, bidang Ormawa sering menyampaikan kepada Mahasiswa Bidikmisi untuk ikut organisasi kemahasiswaan di kampus. “Ya organisasi baik itu  HMPS (himpunan mahasiswa program studi), BEM (badan eksekutif mahasiswa) Fakultas maupun UKM (unit kegiatan mahasiswa) bahkan organisasi eksternal juga diikuti,” ujarnya.

Diketahui, program bidikmisi adalah program beasiswa. Program itu diberikan pemerintah pada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik. Setelah nanti menjadi mahasiswa, beasiswa akan diberikan sampai lulus tepat waktu. Program ini diselenggarakan sejak 2010.

Rahmat menjelaskan, berorganisasi adalah bagian dari pembelajaran. Berorganisasi, katanya, berarti melatih diri mahasiswa dengan harapan saat lulus siap terjun ke masyarakat. “Siap untuk menarwarkan ide-ide kreatif dan produktif, serta diterima masyarakat,” ujarnya.

Sementara di IAIIG/UNUGHA, kesadaran mahasiswa untuk berorganisasi makin membaik. Sebab, secara umum peminat organisasi kemahasiswaan baik UKM, BEM, maupun HMPS bertambah. Dia menambahkan, setiap penerimaan mahasiswa baru, Ormawa juga terus menyosialisasikan perlunya berorganisasi bagi mahasiswa. (*)

Laporan: Rizki Damaris, Fajriyah Malihatun Nafisah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *